04211040 WARDAH KHULAILAH
Just another Web Blog Mahasiswa Universitas Narotama Sites site

SEO

Author: wardah-khulailah //  Catalog: Komputer Bisnis //  Wednesday 3 October 2012 7:19 am //

Bismillahirrahmanirrahim.
Pada tugas kedua kali ini saya akan menjelaskan mengenai SEO atau yang akrab disebut Search Engine Optimation. Dari namanya saja sudah bisa ditebak, hal apakah SEO itu?? Optimasi mesin pencari. Yupz. SEO merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis oleh mesin pencari yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung

Sejarah

Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi. Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster (pengelola website) melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.

Jenis

Dalam prakteknya, dikenal dua macam jenis SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Di kedua jenis teknik SEO tersebut, terdapat poin-poin utama dalam praktek SEO. Misalnya link building, penggunaan tag meta, density keyword, template web yang search engine friendly, dan banyak poin lainnya.

1. SEO ON PAGE

SEO on page adalah faktor-faktor optimasi search engine yang terdapat pada web itu sendiri. Search engine memperhatikan faktor-faktor dalam web kita sebelum memberikan ranking di SERP. Artinya, teknik ini adalah mutlak urusan rumah tangga webmaster. Ibarat rumah, maka seluruh desain dan placement dalam bangunan tersebut 100% adalah haknya si empunya rumah. Kan ga’ mungkin kalau orang lain yang mengacak-ngacak rumah kita, hehe… Kecuali kalau sobat membayar jasa orang lain untuk melalukan desain dan pengaturan lainnya pada rumah tersebut, yang tentu saja dalam kaitannya dengan SEO adalah membayar jasa SEO expert untuk menerapkan teknik SEO On Page pada web sobat. Karena sifatnya yang internal, maka teknik ini sangat bisa untuk kita lakukan sendiri, selama kita tahu dan paham dengan poin-poin optimasi apa saja yang termasuk di dalamnya.

Faktor-faktor dalam SEO On Page

Berikut adalah faktor-faktor on page yang harus diperhatikan untuk memperkuat SEO web :

1. page title / judul halaman

2. header tags

3. alt tags pada image

4. density keyword atau persentase kemunculan keyword

5. penekanan keyword / emphasis (bold, italyc, dan underline keyword)

6. jumlah outbound link / link keluar

7. internal link building

*Lebih lengkap baca disini

2. SEO OFF PAGE

Kebalikan dari SEO on page, SEO off page adalah faktor-faktor yang TIDAK terletak pada web kita, namun SANGAT diperhatikan search engine untuk memberikan ranking pada web kita di SERP. Jika optimasi on page dilakukan oleh webmaster itu sendiri, maka optimasi off page merupakan faktor SEO yang datang dari luar, dan tidak sepenuhnya bisa dikendalikan oleh webmaster, karena membutuhkan unsur dari luar. Berbicara mengenai SEO off page, dapat dikatakan bahwa teknik ini menitik beratkan pada link popularity web sobat (popularitas web) di luar sana. SEO off page adalah mengenai backlink/inbound link, atau sederhananya: link yang mengarah ke halaman web kita. Optimasi off page selalu lebih diprioritaskan dibandingkan optimasi on page. Faktor-faktor pada optimasi off page sangat berpengaruh pada SERP, dan bisa merubah ‘nasib’ kita dalam search engine dari #600 menjadi #1 dalam SERP. Woww… Mengapa? karena faktor yang datang dari luar web kita (misalnya saja jumlah inbound link) akan menjadikan search engine menganggap web kita sebagai recommended dan populer, sehingga search engine memberikan web kita posisi yang lebih terhormat di halaman SERP.

Faktor-faktor dalam SEO Off Page

Apa saja faktor off page yang dilihat search engine sebelum memberikan rangking pada suatu web? Berikut adalah di antaranya:

1. jumlah backlink/inbound link yang mengarah ke web sobat

2. tema web yang memberikan link kepada web sobat

3. ranking (misal, Google PR) web yang memberikan link ke web sobat

4. jumlah backlik ke web yang memberikan link ke web sobat

5. anchor text/target keyword pada link yang mengarah pada web sobat

6. jumlah outbound link pada web yang memberikan link ke web sobat

7. dan banyak lainnya…

Hehe… Kalau membahas mengenai faktor SEO off page, sepertinya akan sangat panjang. Intinya adalah link building. Namun yang paling utama di atas adalah pada poin 1 dan 4, yaitu jumlah backlink atau inbound link dan anchor text yang diginakan pada inbound link tersebut. Sisanya? sisanya adalah faktor on page dan off page pada web yang memberikan link ke web sobat. Ribet yak?%*)^$@!)_&, YA, selain dua poin utama optimasi off page di atas, sobat juga harus memperhatikan sisi on page dan off page pada web yang memberikan inbound link pada kita, PLUS tema website yang memberikan link, apakah relevan atau tidak dengan tema web ktia. Jika semua itu bisa dilakukan, maka itulah yang biasanya oleh para master SEO sebut dengan QUALITY BACKLINKS atau backlink yang berkualitas.

 

 

Sumber:

<http://id.wikipedia.org/wiki/Optimisasi_mesin_pencari>

<http://refruns.com/mengenal-seo-on-page-dan-off-page-secara-lebih-detail/>

<http://refruns.com/10-kesalaham-umum-dalam-seo/>

Oct
03

No Comments »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

|